Skip to main content

Mengenal Konsep Scaffolding Untuk Membantu Siswa Belajar

Scaffolding pembelajaran

Scaffolding adalah sebuah konsep yang sering digunakan dalam pembelajaran untuk membantu siswa mencapai pemahaman yang lebih dalam tentang suatu topik. Pendekatan ini melibatkan bantuan dan dukungan yang diberikan oleh guru atau sesama siswa kepada siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari scaffolding adalah untuk membantu siswa belajar dengan memberikan panduan dan dukungan yang tepat, dan kemudian secara bertahap mengurangi bantuan tersebut seiring dengan meningkatnya kemampuan siswa.

Apa itu scaffolding dan bagaimana konsep ini dapat diterapkan dalam konteks pembelajaran? Scaffolding dapat berupa penggunaan pertanyaan yang terarah, pemberian contoh yang jelas, atau bahkan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Dalam pendekatan ini, guru bertindak sebagai fasilitator pembelajaran yang membantu siswa dalam memahami materi dengan memberikan dukungan yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa.

Konsep scaffolding juga melibatkan pemahaman tentang pentingnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Scaffolding tidak hanya tentang memberikan jawaban atau solusi kepada siswa, tetapi juga mengajak mereka untuk berpikir kritis, mengajukan pertanyaan, dan mengembangkan pemahaman mereka sendiri. Dengan melakukan ini, siswa akan merasa lebih terlibat dalam pembelajaran dan dapat membangun pemahaman yang lebih kuat dan mendalam tentang materi yang dipelajari.

Dengan demikian, scaffolding merupakan konsep pemikiran tentang bagaimana pemahaman/kompetensi siswa dapat ditingkatkan melalui bantuan dan dukungan yang tepat dalam pembelajaran. Scaffolding bertujuan untuk membantu siswa mencapai pemahaman yang lebih mendalam dengan memberikan panduan dan dukungan yang sesuai dengan tingkat pemahaman mereka. Proses scaffolding dalam pembelajaran juga menekankan pentiggnya melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan mendorong mereka untuk berpikir kritis dan mengembangkan pemahaman mereka sendiri. Dengan penerapan konsep scaffolding yang efektif, siswa dapat mencapai hasil pembelajaran yang lebih baik dan menjadi pembelajar yang lebih mandiri.

Leave a Reply

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <br> <p> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id> <cite> <dl> <dt> <dd> <a hreflang href> <blockquote cite> <ul type> <ol type start> <strong> <em> <code> <li>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

Article Related