Para facebookers yang budiman, penulis sengaja mem-publish judul ini tapi bukan untuk memunculkan kembali perdebatan diantara kita karena penulis juga sesungguhnya pengguna Facebook. Mengapa tulisan ini dimuat? Sekali lagi bukan untuk diperdebatkan. Singkat saja bahwa tulisan ini dibuat untuk mengingatkan kita bahwa Facebook bukan hanya untuk tempat curhat, pamer foto, dan berbagi informasi pribadi anda dengan teman beserta embel-embel lainnya yang sifatnya hanya sekedar menghabiskan waktu anda semata.

Facebook adalah suatu website jejaring sosial (social networking) yang berguna untuk mempertemukan, memperkenalkan, mempertemankan orang-orang tanpa dibatasi ruang dan waktu karena menggunakan media internet. Nah, memang sepintas situs jejaring sosial ini sangatlah membantu membangun komunikasi dengan teman-teman kita baik yang pernah kita kenal atau bahkan baru mau kenalan.

Sayangnya pengguna facebook ini masih sebagian besar memanfaatkannya hanya untuk curhat, update status, gonta-ganti profil, foto album dan sebagainya. Coba anda perhatikan petikan tulisan facebook teman kita yang satu ini “……lagi bete….”, “……aq kangen kamu sayang…”, dan masih banyak lagi tulisan-tulisan yang di-share , yang setiap hari bahkan setiap jam diupdate dengan warna-warni “curhat” saja. Aktivitas ini tentu saja tidak merugikan pengguna tersebut secara langsung karena toh…, banyak layanan facebook-an gratis via ponsel sekarang.

Contoh kecil seperti diatas, memang secara kasat mata tidak merugikan kita secara langsung, tapi kita mesti tahu bahwa http://facebook.com ini berkantor di Polo Alto California Amerika Serikat. Setiap kita melakukan aktivitas di internet maka traffic koneksi internet kita keluar negeri meningkat sehingga meningkatkan beban pembayaran internet oleh negara kita.

Jadi, apakah kita ingin membebani negara ini hanya untuk aktivitas curhat dan sejenisnya di facebook? Tentu tidak, layanan facebook yang cukup baik untuk jejaring sosial ini sebenarnya sangat baik untuk pendidikan. Misalnya: guru, dosen, dan praktisi pendidikan menggunakan facebook untuk sebagai forum komunikasi, sharing pendapat tanpa ada batasan ruang dan waktu. Para pelajar kita juga bisa membentuk forum seperti Forum Siswa/Mahasiswa Gemar Matematika Indonesia, dan komunitas-komunitas serupa untuk kemaslahatan pendidikan dan komunitas kita.

Facebookers…. revise your community mission!!!