“…….. was unable to uninstall the (nama aplikasi) dst……..” Inilah potongan salah satu pesan error gagal uninstall install aplikasi windows. Tentu saja hal ini sangat mengganggu kenyamanan user komputer, gak peduli apakah user pemula hingga tingkat lanjut. Kondisi ini bisa saja disebabkan oleh berbagai hal diantaranya:

  1. Proses install software yang tidak selesai lalu tiba-tiba komputernya hang disebabkan incompatible dengan hardware.
  2. Program aplikasi yang telah terinstall dengan baik tapi diserang Malware.
  3. Proses install software yang konflik dengan software lainnya, dsb.

Jika anda mengalami hal gagal uninstall software tertentu disebabkan oleh hal-hal diatas atau sejenisnya, maka jangan keburu di re-install Windows-nya. Ingat bahwa semua software yang bekerja pada komputer kita diatur melalui registry atau kernel (istilah linux). Misalkan saja anda gagal uninstall software PC Tools seperti yang pernah dialami rekan saya. Kasus yang dia alami disebabkan oleh kasus nomor 3 diatas. Akibatnya komputernya selalu hang.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, maka komputer anda wajib memiliki registry editor yang masih sehat alias belum terdisable oleh virus atau admin komputer anda. Untuk itu lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol shortcut Windows + R atau klik Start – Run
  2. Ketik “Regedit” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.
  3. Setelah terbuka Jendela Registry Editor, Lakukan Backup Registry melalui menu File-Export dan Save hasil Exportnya pada forlder yang anda ingat.
  4. Tekan Tombol Ctrl + F, lalu masukkan keyword software yang anda cari, Misal: PC tools. Maka registry editor akan melakukan searching registry sesuai keywords.
  5. Sebelum anda men-delete registry yang ditemukan, pastikan bahwa referensi program aplikasi yang dimaksud menunjukkan benar-benar PC Tools sesuai target. Setelah memastikan bahwa target sudah benar, Lakukan Delete registry yang ditargetkan.
  6. Tekan F3 untuk melanjutkan pencarian registry terkait kata kunci yang dimasukan sebelumnya. Perhatikan referensi registry programnya, jika sudah pasti tepat target registry-nya lalu lakukan delete registry tersebut.
  7. Ulangi terus langkah 6 diatas, hingga muncul pesan bahwa registry serupa tidak ditemukan lagi.
  8. Close Registry Editor dan Restart komputer anda
  9. Setelah restart komputer anda secara normal, anda dapat menghapus folder program-nya, biasanya terdapat pada path: ProgramFiles/NamaProgram./Dst…..

Catatan Penting:

Jika terjadi kesalahan penghapusan registry, yang menyebabkan gangguan pada komputer anda, maka lakukan Import Registry hasil backup anda pada langkah ke-3 diatas. Teruskan dengan langkah-langah 4 – 9. Lakukan dengan hati-hati.

Semoga Bermanfaat