Narative text telah menjadi salah satu pokok bahasan penting dalam kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Untuk itu, mari kita lihat lebih dekat tentang Narrative Text. Kita akan melihat contoh dari Narrative Text dan nanti akan diikuti oleh penjelasan tentang Generic Structure, Communicative Purposes dan Lexico grammar features-nya. Tapi inget, sebagai pelajar, dalam mempelajari teks Narrative ini, maupun teks – teks yang lain, bukan tugas kita untuk menghafalkan semua yang dijelaskan tentang Narrative teks tersebut. Artinya, kita TIDAK HARUS hafal di luar kepala semua yang dijelaskan di postingan ini.

Yang diharapkan dalam kurikulum adalah bahwa kita sebagai pelajar, kita mengenal teks – teks tersebut, sehingga kita akan memahaminya dan akhirnya kita akan dapat ?BERKOMUNIKASI? dalam teks tersebut. Perlu diingat bahwa tujuan akhir pengajaran Bahasa Inggris adalah memampukan siswa untuk ?BERKOMUNIKASI? bukan menghafal pengertian – pengertian teknis. Ok, mari kita lihat salah satu contoh Narrative text.

STORY

GENERIC STRUCTURE

Once upon a time there 40 cruel thieves who put their stolen money and treasures in a cave. They went in the cave by saying ?Open Sesame? to the cave entrance. A poor person, named Ali Baba saw them while they were doing that, so he heard the opening word. After they left, he went toward the cave and opened it. Suddenly he found a very large quantity of money and golden treasures. He took some of it and went back home. After that he became a rich man and his brother wanted to know how he became rich.

ORIENTATION

Ali Baba turned into the richest man in his village. His evil brother was really jealous of him, and wanted to know how he could get such a lot of money. Therefore, when Ali Baba went to the cave again to take some more money, his brother followed him. He saw everything, and decided to go back the next day to take some money for himself. The next morning he found a lot of money in the cave, and he wanted to take all of them. Unfortunately, when he was busy carrying the money to his house, the thieves came. The boss of the thieves asked him how he knew about the cave. He told everything, but unluckily they killed him and went to Ali Baba?s house.

COMPLICATION

After finding Ali Baba?s house, they made a plan to kill him the following night. Some of the thieves hid in big jars, and the boss pretended that he was a merchant who wanted to sell the jars to Ali Baba. Ali Baba who was a kind man invited the boss of the thief to have lunch together.

COMPLICATION

After lunch they took a rest. Luckily, the house maid went out of the house, and found that there were thieves inside the jars. She finally boiled hot oil and poured it into the jars to kill all of them. The boss of the thieves was caught, and put into prison.

RESOLUTION

Ali Baba was saved from the danger, and he finally lived happily ever after with his maid who became his wife shortly after.

REORIENTATION

Ok, jadi dari text Narrative diatas, kita tahu bahwa Narrative Text mempunyai sebuah struktur tertentu. Struktur dan fungsi masing bagian adalah sebagai berikut :

  1. Orientation: Sets the scene and introduces the participants. (Memperkenalkan tokoh dan setting).
  2. Complication : A crisis arises (Munculnya masalah).
  3. Resolution : The crisis is resolved (Terselesainya masalah).
  4. Reorientation : Optional (Bisa ada / atau tidak ada fungsinya menyimpulkan isi cerita )

Namun kadang, dalam Narrative text, kita juga bisa menemukan adanya struktur yang dinamakan Evaluation yang berfungsi untuk menilai makna dari sebuah peristiwa dalam cerita. Yang harus kita ingat bahwa struktur yang HARUS ADA dalam Narrative hanyalah tiga STRUKTUR yang pertama yaitu : ORIENTATION, COMPLICATION, serta RESOLUTION. Nah, dalam konteks budaya Bahasa Inggris, NARRATIVE TEXT ini biasanya dituturkan dengan tujuan / Communicative Purpose untuk menghibur pembaca (To amuse / entertain the readers). Kalau kita lihat Narrative diatas, kita tahu bahwa sebagian cirri – ciri / Lexico grammar features Narrative teks adalah sebagai berikut :

  • Focus on specific usually individualized participants (Fokus pada orang tertentu secara khusus)
  • The Use of Simple Past (Penggunaan Tense Masa Lampau)
  • The use of temporal conjunction (Penggunaan kata penghubung yang menunjukkan waktu)
  • The use of noun phrases (Penggunaan frasa kata benda yang kaya dengankata sifat misalnya : 40 cruel thieves, His evil brother)

Ok, itulah kira – kira garis besar tentang text Narrative ini. Trus, setelah kita mengetahui Struktur, Tujuan, serta Ciri – ciri teks ini apa sih yang harus kita lakukan? Yang diminta oleh kurikulum bukanlah menghafalkan keterangan di atas di luar kepala, karena dalam ujian, UNAS misalnya, kalian tidak akan ditanya tentang hal – hal yang teknis seperti itu. Yang kalian lakukan selanjutnya adalah mencoba mengembangkan kemampuan kalian dalam BERKOMUNIKASI dengan menggunakan teks tersebut. Misalnya, kalian bisa melatih kemampuan SPEAKING dengan saling menceritakan NARRATIVE TEXT seperti diatas dengan temanmu. Atau, kalian bisa melatih kemampuan WRITING dengan saling bertukar NARRATIVE TEXT yang kalian buat, dengan teman. Untuk semakin mengasah kemampuan READING, kalian bisa mencari NARRATIVE TEXTS sebanyak – banyaknya untuk dibaca, atau kalau ada fasilitas di sekolah atau di rumah, kalian bisa mengembangkan kemampuan LISTENING dengan mendengarkan atau melihat cerita – cerita melalui media Audio Visual.

Jadi, intinya, kalian belajar bermacam – macam teks nanti adalah untuk mengembangkan KOMPETENSI KOMUNIKATIF (COMMUNICATIVE COMPETENCE) lewat teks yang kalian pelajari. Harapannya, empat kemampuan berbahasa (Reading, Listening, Speaking, Writing) yang kalian miliki akan semakin berkembang. Itulah tujuan kurikulum yang saat ini digunakan di sekolah – sekolah kalian. Ok, kali ini cukup dulu. Kalau ada yang masih kurang jelas silhkan tanya di bagian comment.