Moodle merupakan Learning Management System (LMS) berbasis opensource, yang sangat populer di dunia. Berdasarkan data statistik pengguna software ini telah mencapai jutaan orang, tentu masih lebih banyak lagi pengguna moodle yang tidak melakukan registrasi di website resminya. Tulisan ini tidak bermaksud untuk menguraikan kekurangan LMS moodle, tapi penulis mencoba memberikan salah satu solusi alternatif apabila anda menemukan kesulitan dalam pembiayaan untuk menyewa bandwidth yang cukup mahal.

Moodle yang telah diperkaya dengan fitur-fitur modul autosetup yang sangat komplit tentu membutuhkan resource server yang handal. Akibat kebutuhan penggunaan resource server yang sangat tinggi ini, tak jarang perusahaan webhosting meremove atau menonaktifkan autoinstaller Moodle ini di Control Panel webhostingnya. Untuk itu, jika anda terkendala dengan bandwidth dan space hosting yang mahal, maka anda dapat mencoba LMS Claroline.

Claroline tentu tidak selengkap Moodle tapi fitur dan modul yang ada didalamnya tidak kalah dengan Moodle. Cobalah melihat sejenak fitur Claroline diisini. Daftar diri anda sebagai pembuat mata kuliah dan nikmati fitur yang ada didalamnya. Sejauh ini penulis sendiri sudah membantu melakukan instalasi beberapa website berikut dengan memanfaatkan subdomain website institusinya.

  1. LMS-Online SMA Negeri 3 Kendari
  2. LMS-Online SMA Negeri 1 Ranomeeto
  3. LMS-Online STIE-66 Kendari

Menurut pengalaman setup penulis, Claroline sangatlah mudah. Langkah-langkah yang penulis lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Download source code LMS Claroline. Untuk mempermudah gunakan yang versi windows
  2. Upload kembali file hasil download ke direktori learn (karena subdomain yang saya gunakan adalah learn). Anda dapat mencocokkan dengan direktori subdomain websitenya.
  3. Create database claroline, kita dapat menggunakan MySQL database wizard. Jangan lupa mencatat baik-baik nama database, username, dan password databasenya.
  4. Install claroline di subdomain dengan membuka web browser anda http://learn.domain-anda.sch.id/claroline/install (learn adalah subdomain).
  5. Ikuti prosedur instalasinya, masukan nama database, username database, dan passwordnya dengan benar.
  6. Setelah proses instalasi selesai, jangan lupa menghapus direkori install untuk alasan keamanan. Biasanya direktori install tedapat dalam /learn/claroline/install

Terus mencoba dan jangan pernah putus asa jika mengalami kesulitan, Yakinkan diri anda bahwa LMS ini sudah pernah dicoba oleh orang lain dan sukses mengimplementasikannya. Sehingga andapun mestinya bisa menggunakannya.

Semoga bermanfaat