Memiliki web blog sendiri adalah hal yang biasa bagi yang sudah sering melakukan aktivitas blogging. Karena membuat sebuah blog tidak perlu keahlian khusus dalam web desain. Blogging bisa dilakukan oleh siapa saja yang sudah mengenal internet, karena prosesnya semudah membuat email. Akan tetapi saat kita membuat website sendiri, tentu dibutuhkan keahlian khusus minimal syntax tag HTML (Hypertext Markup Language) sebagai bahasa standar untuk membuat website.

Apa yang anda butuhkan saat membuat website sendiri? Tentu saja 1 unit komputer yang dilengkapi Text Editor seperti TextPad, Notepad++, PSpad atau bisa juga menggunakan notepad bawaan OS Windows. Software-software yang didistribusikan secara bebas ini digunakan untuk mengetik kode-kode saat membuat website. Sedangkan hasil pengkodean website bisa dilihat dengan menggunakan web browser seperti Mozilla Firefox, Opera atau browser lainnya.

Istilah dasar membuat website yang perlu diketahui:

– tag = <>, digunakan untuk menuliskan sintaks, ada dua jenis, yaitu tag container dan tag biasa.

  • Tag container adalah tag yang berisi text yang akan ditampilkan setelah tag ditutup. Contoh: <td> text yang ditampilkan </td>.
  • Tag biasa, contoh <BR> = break row. <br> tidak perlu ditutup oleh tag </br>, tapi jika sintaks yang digunakan tag container, contoh: <h1>, yah mesti ditutup dengan </h1>.

Tag yang digunakan untuk mengakhiri sintak punya karakter / (slash) sebelum sintaknya, contohnya: <td> </td>

Kita juga dapat mengetik attribut di dalam sebuah tag, contoh: <body bgcolor=”red”> </body>. atau <input type=”text”>.

Berikut ini langkah-langkah sederhana untuk membuat website anda:

1. MEMBUKA NOTEPAD

2. MENGETIKKAN SYNTAX HTML

Syntax HTML memiliki struktur umum sebagai berikut:

<html>——-(tag html pembuka)

<head>——-(tag head pembuka)

<title>——-(tag title pembuka)

Judul website

</title>——-(tag title penutup)

</head>——-(tag head penutup)

<body>

Isi website

</body>

</html>—–(tag html penutup)

Berdasarkan struktur dasar syntax diatas maka sebenarnya tempat kita mengetik hanyalah diantara <title> dan </title> serta <body>dan </body>. Memang benar tempat untuk menampilkan tulisan pada website hanyalah pada bagian judul website dan body website, sedangkan yang lainnya adalah tag pendukung HTML itu sendiri.

Sebagai contoh:

<html>

<head>

<title>

Membuat Website Sendiri

<title>

</head>

<body bgcolor=”pink”>

<h1>Belajar membuat website Pribadi</h1>

Website pribadi dengan menggunakan bahasa HTML.

</body>

</html>

Lalu file ini disimpan dengan menggunakan ekstensi html, misal nama filenya index.html. Jika file ini dibuka dengan menggunakan web browser maka akan tampil seperti gambar berikut

Gambar diatas menunjukkan bahwa teks “Membuat Website Sendiri” yang terletak diantara <title> dan </title> ditampilkan melalui browser pada title bar, sedangkan semua teks “Belajar membuat website Pribadi dan Website pribadi dengan menggunakan bahasa HTML.” yang berada antara <body> dan </body> ditampilkan pada bagian isi website.

Perlu diketahui bahwa teks “Belajar membuat website” tampil lebih besar karena diantarai tag <h1> dan <h2> yang berfungsi sebagai judul, dan teks setelahnya tampil sebagai isi tulisan.

Tentu masih banyak cara untuk mempercantik tampilan website kita selain hanya dengan mengubah warna background seperti yang digunakan atribut bgcolor=pink pada contoh diatas. Untuk memperkaya pengetahuan tentang bahasa HTML ini kita bisa browsing di Google dengan memasukan keyword tutorial HTML misalnya.

3. Publikasi website

Tahap akhir setelah membuat halaman-halaman website kita adalah publikasi. Untuk mempublish suatu website diinternet kita membutuhkan domain dan hosting. Secara sederhana domain dapat diartikan sebagai nama atau alamat website misalnya www.baharudin.web.id sedangkan hosting adalah tempat kita menyimpan file-file website kita diinternet. Domain dan hosting ini ada yang tersedia gratisan seperti domain gratis di http://co.cc dan hosting gratis di http://000webhost.com. Akan tetapi untuk lebih nyamannya anda mengekslorasi sebuah control panel website, saya sarankan anda registrasi domain web.id di http://pandi.or.id dan beli hosting di situs-situs penyedia layanan webhosting. Untuk mencari webhosting yang tepat, kita bisa menggunakan Google.

Jika anda melakukan registrasi domain di Pandi maka setelah menyelesaikan pembayaran dan upload dokumen (KTP) untuk website pribadi, kontrol panel domain anda sudah bisa diisi dengan name server yang diberikan oleh perusahaan tempat anda menyewa hosting, sehingga setelah proses propagasi paling telat 24jam setelah registrasi biasanya website anda sudah online tapi masih dalam keadaan kosong. Jika anda mengakses website tersebut akan tampil Index of.

Untuk itu halaman depan (homepage) suatu website biasa diberi nama file index.html agar pada saat mengakses domain anda maka browser bekerja membuka halaman depan website anda.

Untuk mengakses hosting website kita bisa menggunakan Control Panel website, biasanya beralamat di http://domainanda.web.id/cpanel. Masukan username dan password anda dengan benar lalu lakukan pengaturan file website anda melalui tombol file manager. Atur posisi direktori website anda sesuai dengan struktur direktori di komputer anda sehingga tidak mempengaruhi link-link website yang sudah anda setting.

~~~~~~~~~~~Selamat mencoba~~~~~~~~~~~~